Saturday, October 24, 2015

Simpanan

Sudah lama aku tidak menulis-nulis di sini atau di media sosial lainnya. Bukan karena malas menulis tapi memang keinginannya tidak ada. Pudar begitu saja tak lama setelah Ramadhan kemarin usai. Bahkan selama Ramadhan pun aku tak menulis sesering tahun-tahun sebelumnya. Banyak sekali kejadian sarat makna yang telah terjadi selama ini yang bisa aku tuangkan dalam tulisan atau postingan, namun aku tak tergerak untuk menyimpannya dalam bentuk tulisan. Beberapa kali aku bertanya pada diri sendiri, "Bagaimana jika aku sampai melupakan kejadian penting yang harusnya bisa teringatkan oleh tulisanku di kala kelak aku lupa?" Namun aku hanya membiarkan pertanyaan itu tak terjawab dan melanjutkan apapun aktifitasku yang biasanya membuatku tak peduli lagi tentang hal itu.

Sebenarnya kegiatanku dalam membuat postingan tidak sepenuhnya terhenti. Di akun twitter ku, aku lumayan rajin meng-self-update tentang kegiatanku lewat tulisan-tulisan pendek atau foto-foto sederhana yang berkaitan dengan aktifitas keseharianku, sementara di sebuah blog, aku masih terbilang rajin menyimpan kumpulan imaji pilihan yang menarik perhatianku. Blog ku ini isinya melulu hanya foto. Mungkin karena itulah ada sejumlah pengunjung yang aktif memantaunya, mungkin karena tak perlu pandai bahkan harus berpikir keras untuk bisa mengerti atau menikmati apa yang tersimpan di dalamnya. Dan yang pasti, aku sama sekali tak berniat untuk mengetengahkan topik yang rawan dijadikan bahan perdebatan.

Pernah ada seorang pengunjung yang meninggalkan komen berupa pertanyaan tentang mengapa tak banyak pengunjung, sementara apa yang disajikan di dalamnya bisa dinikmati siapa saja tanpa pandang usia, gender, agama dan lain-lain. Aku tidak pernah mempromosikan blog-ku ini meskipun terbuka untuk umum. Tujuan utama pembuatan blog ini adalah ibaratnya untuk menyimpan harta karun yang aku temukan di sana sini, yang mudah-mudahan kelak bisa selalu aku nikmati. Bahwa orang lain bisa ikut melihatnya, bukan karena aku yang mengajak tapi karena adanya faktor kebetulan. Dan kalau ada yg juga bisa menikmati kontennya, ya syukur alhamdulillah...