Thursday, June 16, 2011

MP Blog - Donal Bebek

Siapa yang tidak kenal Donal Bebek? Miki Tikus, yang pertama kali membuat Walt Disney menjadi terkenal, boleh saja menjadi maskot Disney, namun mungkin lebih banyak orang yang memilih Donal sebagai karakter favoritnya. Donal memang bukan tokoh yang sekarismatik Miki.

Di mata pamannya sendiri, Gober Bebek, Donal sering dianggap sebagai pecundang yang acapkali gagal dalam melakukan banyak hal dan hanya bisa membuang-buang uang. Donal juga bukan tokoh yang romantis bahkan ia cenderung tempramental sehingga kekasihnya, Desi Bebek, sering kesal padanya bahkan terus memilih untuk pergi bersama sepupu Donal, Untung, yang merupakan saingan utamanya dalam merebut hati Desi.
Oleh Kwik, Kwek & Kwak, tidak jarang Donal dijadikan sasaran kenakalan mereka. Namun, tidak seperti Miki yang tampil cerdas dan bijaksana, Donal juga punya sifat usil, konyol dan sok tau yang kemudian sering memberi kerugian pada ketiga keponakannya yang tinggal bersamanya ini.
Sifat-sifat Donal yang sederhana inilah yang mungkin membuat orang lebih menyukai kisah-kisahnya dibanding kisah tokoh Disney lainnya.

Memang banyak sudah kisah yang menampilkan kenaasan Donal dan bagaimana ia diremehkan oleh banyak pihak, namun dari sekian tokoh kenalannya, ada dua tokoh yang sangat menghargainya. Kedua tokoh ini merupakan sahabat Donal yang jarang sekali ditemuinya karena mereka tinggal di tempat yang jauh dari Kota Bebek. Mereka adalah Joe Carioca yang tinggal di Brazil dan Panchito yang tinggal di Meksiko.
Kemarin waktu aku tengah merapikan koleksi album Donal Bebekku, aku baru membaca lagi kisah petualangan mereka yang dipertemukan tanpa sengaja di Meksiko. Ada bagian dari cerita itu yang sangat aku sukai dimana Donal mengucapkan kata-kata yang menyentuh hati dan menunjukkan bahwa dibalik sifat-sifat negatifnya, Donal mempunya hati yang sangat mulia.