Tuesday, August 17, 2010

MP Blog - IDENTITAS UNTUK SEMUA



Di Taman Ismail Marzuki (TIM) saat ini tengah berlangsung pameran foto yang bertajuk IDENTITAS UNTUK SEMUA, dalam rangka HUT R.I ke 65 thn.

Memang masih (& makin) sulit untuk membuktikan kepada generasi muda kita betapa pentingnya arti kemerdekaan yang telah diraih dengan jerih payah dan pengorbanan yang tidak sedikit dari para pejuang Indonesia 65 tahun yang lalu, mengingat hingga kini masih jauh lebih mudah menyajikan fakta atas begitu mudahnya kemerdekaan itu disulap menjadi suatu bentuk lain dari penjajahan dan penindasan baru yang justru dilakukan oleh bangsa kita sendiri

Namun foto-foto yang terpampang di dinding-dinding Galeri Cipta III ini cukup dapat memberi gambaran jelas tentang tulusnya perjuangan bangsa kita seputar 65 tahun yang lalu. Setidak-tidaknya foto-foto tersebut sangat membantu saya dalam menjelaskan kepada anak-anak saya tentang kegigihan dan ketangguhan bangsa Indoneisa hingga mencapai kemerdekaan. Bagi saya sendiri, berada di tengah-tengah puluhan foto tua itu serasa mengembalikan saya ke zaman dimana saya masih duduk di bangku sekolah dasar yang saat itu selalu digembleng untuk memahami benar tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Jadi, saya sangat merekomendasikan pameran ini bagi siapa saja yang selalu kangen dengan Indonesia yang makmur, indahnya sejarah tentang perjuangan para pahlawan kita dan tentunya bagi yang masih peduli dengan pembenahan generasi muda Indonesia yang dapat berguna untuk memperbaiki kehidupan bangsa Indnoesia di masa depan.