Monday, August 23, 2010

Rumah Kaca di Montecito


Dikenal atas desain modernnya, arsitek Los Angeles Steve Hermann telah menyelesaikan proyek terkininya di Montecito, California, sekitar empat bulan yang lalu.
Steve menganggap rumah yang dijuluki Paviliun Kaca itu sebagai, "maha karya-nya."
Saat ia membangun di daerah Hollywood Hills atau Beverly Hills, ia mengatakan biasanya ia terbatas pada areal yang kecil.
Areal ini berukuran sekitar tiga setengah hektar dan memberinya kemungkinan untuk menciptakan sebuah rumah berdinding kaca.
"Di sini saya punya privasi yang menyeluruh," kata Steve.
"Hal ini memungkinkan kita untuk menyatu dengan alam di dalam rumah."
Rumah berukuran 1.300 meter persegi memiliki lima kamar tidur, lima setengah kamar mandi, dapur dengan ruang anggur dan sebuah galeri seni yang menampilkan koleksi mobil klasik milik sang arsitek.
Steve, yang memiliki minat terhadap perabotan modern pertengahan abad 20, juga merancang beberapa furnitur, termasuk bangku-bangku di lorong rumahnya itu.
Awalnya rumah itu dibangun untuk dirinya sendiri, tetapi ketika proyek enam tahun itu tengah berlangsung, ia mengubah banyak rencananya antara lain kelahiran putrinya yang kini berusia 10 bulan.
Steve mengatakan bahwa ia kemungkinan besar akan menyewa rumah lain untuk sementara sebelum memulai proyek pribadi berikutnya.
Saat ini rumah tersebut masuk daftar rumah yang dipasarkan dengan harga sebesar $ 35 juta, sedangkan harga furniture-nya dapat dinegosiasikan.

oleh: Sushil Cheema
foto: William MacCollum and Jim Bartsch
sumber: WSJ.com, Aug 18, 2010