Thursday, March 8, 2012

MP Blog - Menangani Serangan Jantung


Bayangkan saja saat itu pukul 18:15 dan anda tengah dalam perjalanan pulang ke rumah seorang diri, setelah bekerja keras seharian penuh. Anda benar-benar lelah, kesal dan frustrasi. Tiba-tiba anda mulai mengalami sakit parah di dada yang mulai merembet ke lengan dan naik ke rahang anda. Anda hanya sekitar lima kilometer dari rumah sakit yg terdekat dari rumah anda. Sayangnya anda tidak tahu apakah anda akan mampu untuk melakukan perjalanan sejauh itu. Anda telah terlatih dalam melakukan CPR (Cardiopulmonary resuscitation), tetapi orang yang mengajarkan anda tidak pernah memberitahu bagaimana caranya untuk melakukannya pada diri sendiri!
SEKARANG BAGAIMANA DAPAT SELAMAT DARI SERANGAN JANTUNG SAAT SENDIRIAN

Karena banyak orang yang tengah sendirian ketika mereka mengalami serangan jantung, tanpa bantuan, orang yang hatinya berdetak tidak normal dan yang mulai merasa lemah, hanya memiliki sekitar 10 detik sebelum kehilangan kesadarannya.
Namun, korban dapat membantu diri mereka sendiri dengan batuk berulang kali dan sangat keras. Menarik nafas dalam-dalam harus dilakukan setiap sebelum batuk, dan batuk harus dalam dan panjang, seperti ketika mencoba memancing dahak dari dalam dada.
Menarik napas dan batuk harus diulang setiap sekitar dua detik tanpa berhenti sampai bantuan tiba atau sampai jantung dirasakan berdetak normal lagi. Tarikan nafas yang dalam akan membawa oksigen ke dalam paru-paru dan aksi batuk akan memompa jantung dan membuat darah beredar. Memompa jantung juga membantu denyut jantung kembali normal. Dengan cara ini, korban serangan jantung bisa sampai ke rumah sakit.