Monday, March 12, 2012

Untuk Orang Tua Kami




Kami, aku dan kakak dan adikku, merancang dan membangun sebuah rumah untuk orang tua kami di kompleks Cipinang Indah, Jakarta Timur. Rumah ini memang kelihatan besar namun bukanlah seberapa dibanding rumah mereka sebelumnya yang sempat ditempati selama lebih kurang 37 tahun di bilangan Menteng.
Sebenarnya rumah ini juga terlalu besar jika dilihat dari jumlah penghuninya yang paling banyak hanya 5 org (orang tua kami & 3 org pembantu max), namun sesuai permintaan ibunda kami, rumah ini harus punya 1 kamar tidur untuk tamu & 6 kamar tidur lainnya yang mampu mengakomodasikan 6 putra-putrinya (lengkap dengan keluarga masing-masing) jika pada suatu waktu yang sama semua hadir dan menginap.

Berbeda dengan rumah di Menteng yang dari muka tidak terlihat lebar (tapi memanjang jauh ke belakang), rumah ini melebar ke samping dan tidak memiliki lebar yang signifikan ke belakang.
Halaman depan & belakang dihadirkan hanya untuk kesan asri. bila dibandingkan dgn rumah di menteng yang memiliki halaman belakang yang begitu luas sehingga dapat digunakan untuk bermain bola. Hal ini dikarenakan usia orang tua kami yang cukup lanjut sehingga kemampuannya sangat terbatas untuk mengurusnya.

Rumah ini hanya dihuni selama 5 tahun dan dijual oleh ayahanda kami setahun setelah ibunda kami meninggal dunia. Saat itu ayahanda kami menganggap rumah ini menjadi terlalu sepi baginya untuk ditempati.