Monday, July 30, 2012

MP Blog - Karya Jack Vettriano


Dilahirkan di Skotlandia tahun 1951, Jack Vettriano meninggalkan sekolah pada usia enam belas tahun untuk kemudian menjadi seorang insinyur pertambangan di sebuah penambangan batubara lokal. Di hari ulang tahunnya yang ke 21, pacarnya memberi satu set cat air, sejak saat itulah, ia menghabiskan banyak waktu luangnya belajar melukis secara otodidak. Ia banyak terinspirasi oleh koleksi lukisan abad 19 dan 20 Skotlandia yang terkenal yang terpanjang di Museum dan Galeri Seni Kirkcaldy.

Empat belas tahun kemudian Vettriano merasa siap untuk memamerkan karyanya di depan umum. Pada tahun 1989 dia menawarkan dua karyanya untuk pameran tahunan Royal Skotlandia Academy, dan keduanya langsung terjual pada hari pertama. Tahun berikutnya, sambutan yang sama diberikan orang pada tiga lukisan, yang ia ikuts sertakan dalam Pameran Musim Panas bergengsi di London Royal Academy.

Dalam sembilan tahun terakhir, ketertarikan orang akan karyanya telah berkembang dengan pesat. Beberapa pameran tunggalnya di Edinburgh, London, Hong Kong dan Johannesburg berakhir dengan ludesnya semua lukisan yang disertakan. Pada bulan November 1999, karya-karya Vettriano dipamerkan untuk pertama kalinya di New York, ketika dua puluh lukisannya dipajang pada The International 20th Century Arts Fair di The Armory. Lima puluh kolektor lukisan dari Inggris hadir di malam pembukaan pameran dan kedua puluh lukisan tersebut terjual habis dalam waktu satu jam setelah acara diresmikan.

Selain pameran itu, Vettriano telah memperoleh banyak penggemar melalui poster dan cetakan atas lukisannya yang telah didistribusikan di seluruh dunia. Tahun ini dua poster art dengan penjualan terbaik di Inggris adalah hasil karya Vettriano. Sampai saat ini, lebih dari 500.000 poster lukisan Vettriano telah terjual di seluruh dunia.

Lukisan-lukisan karya Jack Vettriano telah menjadi koleksi pribadi, perusahaan maupun publik di seluruh dunia.