Sunday, August 4, 2013

Eksis di Jejaring Sosial

Aku sering tersenyum sendiri melihat bagaimana orang berinteraksi di situs-situs jejaring sosial (social media) seperti facebook dan google+. Kedua socmed ini aku sebut karena aku memang cukup aktif...tapi hanya dalam memantaunya, bukan dalam menggunakannya untuk bersosialisasi. Bagaimana tidak? Aku bukan bicara sebagai seorang pakar sosialisasi (atau sosiolog atau entah lah sebutannya) karena dari dulu aku juga lebih dikenal sebagai seorang penyendiri, namun sambil menggeleng-gelengkan kepala terkesima, aku yang ilmu bersosialisasinya cetek ini menyadari bahwa (ternyata) banyak sekali cara orang untuk menjadi "eksis" termasuk hal-hal yang kuanggap lucu.

Kalau dulu aku sempat menjauhkan diri dari penggunaan facebook dan kepemilikan blackberry, meskipun akun facebook-ku sudah ada jauh-jauh hari sebelum facebook jadi terkenal, akhirnya aku harus mau menggunakan keduanya secara aktif demi menjaga hubungan dengan para kerabat dan relasi karena tak perlu menguras dompet. Itupun hanya sebatas memelihara hubungan tanpa rajin meng-update atau menyapa kalau memang tidak ada kepentingannnya. Dan hal itu terus berlangsung hingga sekarang. Sudah cukup buatku untuk menemukan kembali kenalan yang sempat putus kontak. 

Jika anda seorang individu yang karismatik, atau gaul, tak mengherankan bila kontak anda bisa mencapai ratusan bahkan ribuan. Atau postingan anda bisa dikomentari atau di Like/Plus oleh hingga ratusan orang. Tapi bila itu terjadi pada seorang yang penyendiri seperti aku, koq keliatan aneh ya?
Kenyataannya memag terjadi pada beberapa orang yang aku kenal seperti itu. Dan dari pengamatanku, rupanya ada hal-hal yang mungkin jadi kunci misteri itu. Berikut adalah hal-hal yang (mungkin) bisa mendongkrak jumlah kontak atau komen dan/atau ekspresi "kesukaan" pada postingan anda:


Like/Plus sendiri
Langkah pertama adalah memberi Like/Plus pada postingan anda sendiri dulu. Paling tidak, sebelum ada orang lain yang memberi Like/Plus, postingan anda akan terlihat sudah memiliki satu Like/Plus.

Update
Penting sekali anda terlihat eksis dan rajin menyambangi akun-akun anda, sehingga anda juga perlu selalu merubah status anda, meskipun itu hanya berupa sebuah kata, atau kata-kata mutiara, atau bahkan umpatan. Ingat, berkreasilah dalam menulis update agar bersifat memancing perhatian orang. Kata-kata seperti "ehm", "uhuk uhuk..." atau "galau..." sudah cukup buat memancing komen yang menanyakan maksud di balik penulisan yang seperti itu.

Sekedar Like/Plus
Langkah berikutnya adalah memberi Like/Plus pada setiap postingan semua kontak anda tanpa pengecualian. Tentunya hal ini tidak ditentukan oleh setuju/tidaknya atau suka/tidaknya anda pada postingan tersebut. Dampak dari aksi ini adalah semua kontak anda akan melakukan hal yang sama pada postingan anda, sehingga anda bisa mengumpulkan Like/Plus di postingan anda.

Foto Diri
Pilihlah foto diri yang anda pikir akan disukai banyak orang dan pajanglah sebagai foto profil anda. Dijamin banyak orang yang ingin berkenalan dan menjadi kontak baru anda. Foto-foto ini juga niscaya akan dapat banyak komen, baik yang memuji ataupun yang sekedar ingin berkenalan lebih jauh. Komen dan Like/Plus akan lebih banyak jika postingan bersifat umum (public).
Foto-foto seksi jelas akan mengundang leih banyak komen dan ajakan untuk berteman. Tapi harus dimaklumi juga kalau ada komen yang kurang ajar. Itu konsekuensi dari postingan yang sifatnya memang "mengundang". Hindari pemasangan foto orang lain (artis / selebriti) atau malah pemandangan, dll. Kalau anda rasa foto anda kurang "nendang", coba dipermak atau dipoles dulu di situs-situs yang memadai (picmonkey, instagram, dll).

Humor/Joke
Pasanglah banyak postingan humor, lelucon dan anekdot. Ini bisa berupa murni tulisan, murni ilustrasi atau kombinasi dari keduanya. Tampilan file GIF yang cenderung lucu (tidak bisa diaplikasikan di facebook) juga berpotensial mengundang Plus/Like dan komen.Dalam hal humor yang mesum, biasanya penyajian dalam bentuk tulisan tidak berkesan seburuk yang dengan ilustrasi. Hindari postingan joke yang mesum apalagi yang terkesan vulgar dan menggunakan kata-kata yang tidak senonoh. Tidak harus joke sendiri (orisinil), cari dan berburulah joke sebanyak mungkin lalu dishare lewat wall anda. Banyak yang suka postingan "yang ringan & yang lucu".

Religius
Postingan yang sifatnya religius sering dapat banyak komen, atau minimal di Like/Plus oleh banyak pembacanya meskipun mereka tidak sepenuhnya paham intisari postingannya. Patut diingat bahwa dengan mudahnya akses internet, banyak sekali orang yang kini mencari-cari dan menggali-gali fakta tentang agama lewat internet. Hal ini sudah banyak dimanfaatkan orang untuk menyebarkan faham dan pengertian baru, bahkan yang menyesatkan sekalipun. Dunia maya sudah jadi tempat lomba mengadu ilmu agama bagi siapa saja, baik yang terkenal atau yang berilmu tinggi atau fanatik ataupun orang biasa yang merasa dirinya "terpanggil".

Politik
Sebaiknya dihindari karena hal seperti ini sudah banyak termuat di surat kabar biasa. Kecuali bila memang banyak kontak anda yang tertarik dengan masalah politik di internet. Seperti yang aku sebut di atas, banyak yang cari postingan yang sifatnya tidak terlalu serius atau berat untuk dicerna.

Musik
Facebook dan GooglePlus berhubungan erat dengan YouTube sehingga sangat mudah untuk menampilkan video dari YouTube. Banyak orang yang malas membaca tapi ingin mendengarkan musik tanpa harus mencari-cari. Coba bagi video musik dari YouTube yang anda tau akan dikenal dan disukai banyak kontak anda. Kalau kebetulan selera musik anda berbeda, coba kesampingkan selera anda dan utamakan dulu selera musik kontak anda. Penuhi dulu kenyamanan mereka demi komen dan Like/Plus dari mereka.

Kata-kata Mutiara
Biasanya kata-kata mutiara atau quote menuai banyak Like/Plus tapi jarang komen, terutama quote yang menggunakan bahasa yang tinggi. Quote mudah ditemukan di banyak situs internet tapi kebanyakan ditulis dalam bahasa Inggris. Bila anda tidak yakin pembaca akan mengertinya, tuliskan terjemahannya sebagai pengantar. Kalau perlu tambahkan sedikit kata-kata bijak dari anda sendiri yang berhubungan dengan quote tersebut. Banyak orang yang hanya setengah mengerti atau bahkan tak mengerti sama sekali yang tetap bersedia memberi Like/Plus hanya karena mereka mengerti apa yang anda tulis.

Negatif 
Postingan yang sifatnya negatif (kasar / menghina / porno) tidak akan mendapatkan banyak Like/Plus tapi bisa menuai banyak komen terutama yang berupa cacian atau hujatan. Apalagi bila kemudian terjadi perdebatan pro dan kontra atas postingan anda. Kalau anda pintar menanggapi komen-komen yang mengutuk postingan seperti ini, dengan perdebatan panjang, dengan sendirinya komen akan tertimbun.


Masih ada beberapa hal lainnya tapi yang aku paparkan di atas mungkin sudah cukup buat mengumpulkan lebih banyak kenalan, komen dan Like/Plus.
Kalau ada yang bertanya padaku lalu mengapa aku tetap punya kenalan yang jumlahnya sangat terbatas dengan komen dan Like/Plus yang terbilang sedikit, jawabannya karena halaman profil akun-akunku adalah tempat penyimpanan pelbagai hal yang punya "sentimental value" buatku....bukan buat orang lain. Sehingga ketika setiap saat aku membukanya, aku bisa menikmati apa yang terpajang disitu. Makanya ada cukup banyak postingan yang aku atur sedemikian rupa agar hanya aku yang bisa melihatnya...